Tips Menambah keuntungan bisnis bengkel mobil

Semakin mudahnya proses pengajuan mobil baru secara kredit di Indonesia membuat banyaknya mobil berkeliaran di jalanan umum sekarang ini. Tidak heran membuat wilayah perkotaan menjadi sangat macet. Tetapi dibalik itu semua membuka peluang usaha yang menjanjikan dan menarik untuk dicoba yaitu bisnis bengkel mobil.

Bisnis bengkel mobil itu memiliki masa depan yang baik apabila Anda dapat mengelolanya dengan baik dan memberikan harga yang kompetitif. Karena mempunyai pasar yang besar dan setiap tahunnya terus bertambah. Lantas, bagaimana untuk menambah keuntungan dari usaha buka bengkel mobil tersebut?berikut penjelasan secara lengkapnya.

1. Menyiapkan Modal Secara Tepat

Dalam melakukan bisnis apapun itu modal memang harus dihitung dan alokasinya harus tepat sasaran, supaya dapat mengetahui pengeluarannya. Hal ini juga berpengaruh pada usaha bengkel mobil, apalagi mempunyai banyak peralatan yang harus dibeli. Tentunya ini membutuhkan persiapan yang matang sebelum membukanya.

Lihat juga pengertian food truck

Perhitungan ini untuk mengetahui modal yang akan dikeluarkan, karena untuk membuka bengkel mobil itu membutuhkan banyak modal. Jika Anda tidak mempersiapkannya bisnis bengkel modal kecil sulit untuk didapatkan. Oleh karena itu, pentingnya untuk mempersiapkannya terlebih dahulu agar rencana yang dapat sesuai dengan tujuan diinginkan.

2. SDM atau Teknisi Berkualitas

Pelayanan dalam industri otomotif terutama bengkel itu ada di kualitas SDM nya atau teknisi yang melakukan pengerjaannya. Karena apabila bengkel yang Anda kelola dapat memperbaiki kerusakan dengan baik dan awet, tentunya pelanggan jika ada kerusakan akan kembali lagi. Untuk itulah pentingnya merekrut teknisi atau montir yang berkualitas.

Apabila Anda sembarangan dalam mempercayakan pekerjaan ini kepada montir atau teknisi yang tidak mempunyai kualitas, maka akan berdampak pada bisnis bengkel mobil Anda. Untuk itu penting sekali memperhatikan kualitas dari montir atau teknisi yang akan bekerja pada usaha bengkel Anda tersebut agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.

3. Lokasi Strategis

Anda harus memperhitungkan hal ini, karena akan berpengaruh pada jumlah pengunjung yang akan mendatangi bengkel Anda tersebut. Apabila terletak di tempat yang sempit dan sulit untuk diakses, calon pelanggan Anda lebih memilih alternatif yang lain. Karena usaha bengkel mobil itu tidak hanya satu dua, tetapi persaingan diluar sana semakin ketat.

Sebenarnya tidak harus untuk melakukannya di tempat khusus berupa ruko atau bangunan baru, untuk menghemat dana Anda dapat melakukannya dengan usaha bengkel rumahan. Karena selain menghemat pengeluarannya, jika tempat Anda memungkinkan untuk membuka bengkel mobil tidak ada salahnya untuk dicoba.

4. Memahami Bengkel Mobil

Dalam membuka bisnis bengkel mobil itu terkadang tidak banyak pemiliknya yang memahami proses atau seluk beluk mengenai mobil. Sebenarnya tidak terlalu menjadi persoalan, kecuali kalau Anda memiliki manajemen tim yang bagus di dalamnya. Tetapi kalau Anda yang baru merintis atau membuka, seharusnya harus memahaminya terlebih dahulu.

Tujuan dari hal tersebut agar Anda dapat memperhatikan kualitas dari hasil yang dikerjakan karyawan Anda. Karena melakukan proses pengecekan itu sangat penting untuk dilakukan supaya dapat tetap menjaga pelayanan dan kualitas yang diberikan ke pelanggan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda untuk memahami dan mempelajarinya secara lebih detail.

5. Sediakan Ruang Tunggu

Untuk menunggu proses perbaikan mobil itu terkadang membutuhkan waktu yang sangat lama dan tergantung dari kerusakannya. Ada yang dapat ditunggu atau memakan proses pengerjaan yang lebih satu hari. Tetapi untuk pelanggan yang kerusakannya terbilang ringan, tentunya proses pengerjaan dapat ditunggu.

Dengan begitu, penting untuk menyediakan ruang tunggu yang nyaman dan bersih agar pelanggan dapat betah untuk menunggu proses pengerjaan. Untuk menambah keuntungan pada bengkel, Anda dapat memperhatikan hal ini sebagai bagian dari pelayanan. Memperhatikan hal kecil dalam berbisnis itu akan berdampak baik untuk kemajuan usaha.

6. Lihat Harga Kompetitor

Baik itu bisnis bengkel di perkotaan atau usaha bengkel mobil di kampung Anda harus melihat harga yang diberikan kompetitor. Karena membandingkan harga dengan bengkel lainnya sangat perlu untuk dilakukan supaya mendapatkan perbandingan yang tepat dan pas kedepannya. Sehingga tindakan ini penting sekali untuk dilakukan.

Jika Anda tidak memperhatikan hal ini, akan berdampak pada eksistensi bengkel yang baru Anda kelola dan sulit untuk mendapatkan pelanggan baru. Apalagi Anda sudah mempunyai pelanggan, penting sekali untuk memberikan harga khusus untuk mempertahankan pasar yang ada. Kalau tidak berdampak pada konsumen yang akan berpaling dan memilih bengkel lain.

7. Peka Terhadap Kemauan Konsumen

Jika Anda memberikan pelayanan yang buruk dan kualitas pengerjaan standar, tentunya konsumen akan berpaling dan tidak memakai jasa Anda kembali. Karena persaingan bengkel itu semakin ketat, kalau Anda tidak mempunyai poin plus siap-siap ditinggalkan. Apalagi era sekarang, persaingan semakin banyak dan pilihan bengkel semakin lengkap.

Untuk itu penting sekali untuk melihat kemauan dari konsumen atau dalam artian Anda selaku pebisnis harus peka. Sebenarnya rumusnya sederhana saja, Anda tinggal menerapkan pelayanan yang ramah, nyaman, cepat, dan tepat. Apabila Anda telah memperhatikan itu, maka bisnis Anda akan perlahan mendapatkan keuntungan besar kedepannya.

8. Pilih Supplier Suku Cadang

Selaku pebisnis Anda harus mencari supplier yang bertujuan kebutuhan usaha yang sedang dijalankan dapat beroperasi secara terus menerus. Untuk itu, langkah pertama yang harus dilakukan dalam bisnis bengkel mobil itu mencari supplier dan survey harga antara satu dan lainnya. Jika mendapatkan harga yang miring, itu dapat dijadikan pilihan untuk jangka panjang.

Anda harus menjaga hubungan yang baik dengan pihak supplier, karena menjalin ikatan yang baik sesama pebisnis itu akan mendapatkan keuntungan yang banyak. Tidak hanya itu, Anda juga mendapatkan keuntungan dari penjualan suku cadang untuk pelanggan atau konsumen yang mencarinya. Untuk itu, jangan lupakan untuk selalu menjaga relasi dengan baik.

9. Layanan Maksimal

Kemajuan zaman sekarang Anda dapat memaksimalkan pelayanan dan memanfaatkan peranan digital untuk dapat memperbaiki mobil pelanggan. Mungkin Anda dapat memberikan pelayanan datang ke rumah untuk memperbaiki mobil yang rusak. Jadi pelanggan Anda tidak repot untuk membawa mobilnya ke bengkel.

Lihat juga bidang usaha ukm yang menguntungkan

Cara ini dapat Anda lakukan atau melakukan berbagai hal lainnya yang dapat Anda lakukan baik dengan memberi potongan harga, voucher, dan sebagainya. Dalam berbisnis penting sekali untuk meningkatkan pelayanan secara maksimal.

10. Promosi

Penting untuk mempersiapkan modal dalam promosi dan proses bisnis bengkel mobil agar kedepannya dapat menjadi lebih berkembang dan maju. Untuk itu, pastikan Anda memiliki modal untuk melakukan promosi dan jangan sepelekan hal ini untuk kemajuan bisnis yang sedang Anda kelola.

 

Nah, itu tadi beberapa tips untuk menambah atau meningkatkan keuntungan dalam berbisnis bengkel mobil yang dapat Anda terapkan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda kedepannya.