Tips Menjalankan Bisnis Kedai Kopi

Menjalankan bisnis kedai kopi mulai banyak dilirik oleh beberapa kalangan, karena tren kopi sekarang ini mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dulunya usaha kopi itu didominasi kedai-kedai modern, tetapi seiring berkembangnya zaman membuat banyaknya inovasi baru yang muncul. Tidak heran menjamur usaha bisnis kopi sekarang ini di beberapa kota besar.

Untuk Anda yang tertarik untuk membuka bisnis kedai kopi kekinian penting sekali untuk melihat pasar yang ada. Sebab menjamurnya bisnis kopi membuat keseragaman yang membuat ini tidak menarik lagi untuk dicoba. Karena kemungkinan untuk menggeser yang besar akan sulit. Nah, pada pembahasan artikel ini, kami mencoba memberikan Anda tips supaya bisnis kedai kopi Anda laris manis dipasaran.

1. Memahami Tipe Kedai Kopi

Maraknya perkembangan kopi membuat munculnya beberapa kedai yang lebih bervariasi dan beragam jenisnya. Anda harus memahami konsep dan tipenya terlebih dahulu tergantung dari pasar yang ingin Anda tuju. Karena ada konsep atau tipe kedai kopi sederhana atau warung kopi untuk masyarakat umumnya, membuka kedai untuk kelas menengah atau untuk ke atas.

Lihat juga tips menambah keuntungan usaha bengkel mobil

Penting sekali untuk memahami hal ini, karena jika Anda tidak menentukannya bisnis yang sedang dirintis sulit untuk berkembang dan maju. Anda harus survey tempatnya terlebih dahulu dan roda ekonominya. Jika lingkungan sekitar kebanyakan kelas menengah kebawah, mungkin membuka kedai sederhana dengan hidangan sederhana lebih tepat dan pas.

2. Target Pasar

Setelah Anda menentukan tipe kedai kopinya, pastinya Anda akan menentukan pasar yang ingin dituju supaya menjalankan bisnis kedai kopi dapat berkembang pesat. Untuk itu, pastikan Anda memilih target yang sesuai dengan tema yang Anda pilih, karena tidak mungkin Anda mempromosikan tempat yang sederhana untuk market yang atas.

Tentunya kegiatan itu akan sia-sia dan tidak mendapatkan peningkatkan konsumen, tetapi jika Anda menyasar anak muda dan mahasiswa sepertinya tepat untuk konsep sederhana. Terpenting Anda memberikan tempat yang nyaman, kualitas rasa enak, dan harga yang murah tentu bisnis Anda akan laris di pasaran.

3. Menentukan Strategi

Setelah Anda menentukan konsep dan target pasar yang ingin dituju, maka langkah selanjutnya adalah dengan menentukan strateginya. Karena dalam melakukan bisnis itu penting sekali untuk mempersiapkan semuanya secara matang dan jelas. Sebab menjalankan bisnis dari nol itu Anda harus melakukan semuanya dari awal baik dari konsep, produksi, dan distribusinya.

Kecuali Anda memilih bisnis kedai kopi waralaba yang tinggal mempersiapkan tempat untuk berjualan saja. Baik rasa dan manajemennya sudah diberikan kepada Anda, jadi prosesnya sudah setengah jalan dan tidak memulai dari no secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan secara konsen dan jelas kalau baru merintis keseluruhan.

4. Modal

Dalam menjalankan bisnis kedai kopi atau apapun itu penting sekali untuk memperhatikan modal yang ingin dikeluarkan. Pastinya Anda harus memperhatikan dana yang dimiliki dan jangan terlalu memaksa. Karena berbisnis itu proses dan semuanya berawal dari kecil terlebih dahulu agar dapat mengelolah secara besar nantinya.

Jika Anda tidak memiliki cukup modal, tidak ada salahnya mengelola dengan modal yang sedikit terlebih dahulu. Karena pada dasarnya semakin kreativitas Anda dalam mengolahnya tentunya dapat menghemat modal yang dikeluarkan. Untuk itu, pastikan Anda menghitung semuanya terlebih dahulu, kalau belum memungkinkan untuk besar, mulai dari kecil dahulu.

5. Target Konsumen yang Dituju

Sebelum Anda membuka dan menjalankan usaha, penting untuk membuat analisis baik itu target konsumen, penjualan, respon rasa, dan sebagainya. Karena ini untuk memahami keinginan konsumen kedepannya. Sebab dalam berbisnis itu untuk memuaskan pelanggan agar dapat menjadi konsumen yang setia dan berpengaruh pada perkembangan usaha.

Jika Anda tidak menentukan target yang jelas, maka akan berpengaruh pada arah kedepannya. Karena pondasi awal itu Anda sudah mengetahui rata-rata konsumen yang akan membeli, sebab hal ini akan mempengaruhi harga jual nantinya. Dengan begitu, ketika Anda memahami semuanya, untuk menjalankan bisnis kedepannya dapat dengan mudah.

6. Mencari Supplier yang Tepat

Menjalankan bisnis kedai kopi harus mencari supplier yang tepat dan jangan terlalu terburu-buru, lebih baik Anda melakukan survey terlebih dahulu. Untuk mencari perbandingannya Anda memang harus selektif untuk mendapatkan supplier yang tepat dan pas. Sehingga hal ini dapat menghemat modal dan menentukan harga jual kedepannya.

Jika Anda tidak menentukan dan mencari suppliernya, maka bisnis yang sedang Anda kelola sulit untuk berkembanga. Karena membeli berbagai kebutuhan yang ada membuat modal lebih cepat habis dan itu tidak baik untuk perkembangan usaha untuk jangka waktu yang panjang.

7. Harus Mematangkan Konsep Bisnis

Konsep bisnis kedai kopi anak muda sekarang lagi banyak digunakan dan dilirik oleh beberapa pebisnis baik itu skala kecil dan besar. Karena kedai kopi itu identik sebagai tempat nongkrong anak muda untuk berbagai aktivitasnya. Hanya sebatas menghabiskan waktu dengan kopinya atau untuk mengerjakan berbagai tugas kuliahnya.

Untuk itu penting sekali menentukan konsepnya secara matang, apalagi sekarang ini persaingan bisnis semakin luas dan banyak. Jika Anda tidak bisa tampil berbeda dan terkesan biasa saja, siap-siap bisnis yang dikelola akan jalan ditempat. Untuk itu, pastikan Anda memilih konsep kekinian yang minimalis dan simpel, tetapi tetap memperhatikan modal yang dimiliki.

8. Letak atau lokasi Kedai Kopi

Lokasi itu berpengaruh pada beberapa bisnis yang dijalankan, sebab semakin mudah akses untuk mencapainya, maka bisnis Anda akan lebih banyak pelanggan. Untuk itu, pastikan Anda memilih lokasi atau letak yang strategis yang mudah untuk dicapai. Dengan begitu, lokasi mempengaruhi dalam perkembangan bisnis.

Hal ini juga berpengaruh pada konsep dan target konsumennya, jika Anda membuka kedai sederhana, lokasi dengan padat penduduk itu akan terasa tepat. Tetapi jika konsep bisnis kedai kopi modern Anda harus memperhitungkan tempat dekat kantor, kampus, atau mall. Karena akan mempengaruhi konsumen yang akan membeli produknya.

9. Melakukan Promosi

Memanfaatkan peranan digital sekarang ini menjadi sangat penting, karena banyaknya kedai kopi yang bermunculan di pasaran berasa dari promosi yang baik dan benar. Untuk itu, jangan anti untuk melakukan promosi, sebab kemajuan bisnis itu berasal dari sini. Masyarakat tidak akan mengetahuinya, jika Anda tidak melakukan promosi secara besar-besaran.

10. Persiapkan Perencanaan Jangka Panjang

Untuk menjalankan bisnis kedai kopi Anda sudah harus berorientasi dalam kurun waktu yang panjang dan sudah dipersiapkan semuanya dari awal. Biasanya Anda sudah mempersiapkan untuk waktu lebih dari 5 tahun untuk menjalankan bisnis ini, setelah memperhitungkan itu semua Anda sudah siap perang dan survive.

Lihat juga bidang usaha ukm yang menjanjikan

Jadi, Anda tidak akan mengalami gulung tikar dalam waktu yang cepat jika sudah merencanakannya dengan matang. Karena berorientasi jauh itu membuat bisnis dapat untuk berkembang dan memperbaiki kekurangan yang ada. Tidak ada salahnya untuk mempersiapkan semuanya secara jelas dan matang.

Sampai disini pembahasan dalam menjalankan usaha kedai kopi, semoga penyampaian informasi diatas dapat bermanfaat untuk Anda kedepannya.