Gembira Loka Zoo

Di Yogyakarta, semua yang kalian inginkan pasti ada. Mulai dari makanan, pendidikan, pekerjaan, hingga hiburan wisata. Ya, Yogyakarta memang terkenal dengan tempat wisatanya yang melimpah. Salah satunya adalah Gembira Loka Zoo. Sebelum munculnya Mini Zoo di Yogyakarta, tempat ini menjadi satu-satunya kebun binatang di Yogyakarta. Tak hanya populer di Jogja, kebun binatang ini juga sudah tidak asing lagi di luar daerah Yogyakarta. Tak heran jika tempat ini selalu ramai pengunjung. Apalagi saat musim liburan dan akhir pekan, yang pastinya akan sesak wisatawan.

Sejarah Gembira Loka Zoo

Kebun binatang Gembira Loka adalah sebuah taman hiburan yang berisikan flora dan fauna. Ini merupakan museum satwa di Yogyakarta. Menurut sejarah, kebun binatang ini berawal dari keinginan Sri Sultan VIII untuk membuat tempat hiburan di Yogyakarta yang berupa taman luas dengan berbagai flora & fauna. Maka, dibuatlah Kebun Rojo. Pembangunan Kebun Rojo dilanjutkan oleh Sri Sultan IX. Sayangnya, pembangunan sempat terhenti akibat Belanda dipukul mundur oleh Jepang. Namun, pembangunan berhasil dilanjutkan pasca kemerdekaan Indonesia dan terbentuklah Gembira Loka.

Lokasi, Rute dan Akses Gembira Loka Zoo

Kebun binatang ini memiliki lokasi yang strategis. Alamatnya ada di jl. Kebun Raya nomor 2 Kotagede. Seperti kita tahu, Kotagede termasuk salah satu tempat yang paling populer di Yogyakarta. Kalian bisa mencapai tempat ini dengan sangat mudah. Dari terminal Giwangan, kalian tinggal lurus ke arah utara sekitar 4 km kemudian belok kanan di perempatan SGM, maka kebun binatang ini akan terlihat di sebelah kanan (selatan). Jika kalian dari Malioboro, Kraton, atau Titik Nol Jogja, maka arahkan kendaraan ke timur. Setelah melewati sungai Gajah Wong, maka pintu masuk Gembira Loka Zoo akan terlihat di sebelah selatan (kanan).

Karena letaknya yang strategis, sangat mudah bagi siapapun untuk mencapai lokasi ini. Berbagai alat transportasi bisa digunakan seperti Trans Jogja, taksi, bus kota, ojek online, atau bahkan alat transportasi tradisional seperti andong dan becak. Begitu juga dengan kendaraan pribadi, juga sangat memungkinkan untuk digunakan karena tempat parkirnya yang luas. Bahkan, tempat parkir yang disediakan bisa menampung berjajar bus.

Harga Tiket Masuk Gembira Loka Zoo

Tiket Gembira Loka dibedakan berdasarkan hari kunjungannya. Meski buka setiap hari, namun mereka memberlakukan tarif masuk yang berbeda di hari biasa dan akhir pekan serta hari libur. Saat hari biasa dari Senin hingga Jumat, tiket masuknya seharga 25 ribu rupiah per orang. Namun di akhir pekan (Sabtu – Minggu) dan hari libur, tiket masuknya menjadi 30 ribu rupiah per pengunjung. Perlu diketahui, anak kecil di bawah umur tiga tahun tidak dikenakan tarif masuk alias gratis.

Selain itu, ada juga tiket terusan Perahu Katamaran. Tiket ini untuk rombongan di mana harganya hanya 5 ribu lebih banyak dari tiket regular. Lalu, ada juga tiket Paket Hemat Kataring (Perahu Katamaran & Kereta Keliling). Tiket ini memerlukan tambahan biaya sebesar 25 ribu rupiah disamping tiket regular. Selain harga yang didapat lebih murah, tiket ini juga membuat kalian tak perlu lagi mengantri saat hendak naik Perahu Katamaran maupun Kereta Keliling.

Tarif masuk di atas masih bisa mendapat diskon atau potongan harga. Pasalnya, jika kalian datang ke Gembira Loka Zoo dengan rombongan setidaknya 25 orang, maka akan mendapat diskon 50 persen untuk SLB atau panti asuhan, 25 persen untuk PAUD, TK, TPA atau SM, 15 persen untuk SD, SM, SMA atau sederajat, serta 10 persen untuk umum. Agar bisa mendapat diskon ini, kalian hanya perlu membawa surat pengantar instansi yang terkait.

Fasilitas Gembira Loka Zoo

Tak hanya menawarkan tontonan berbagai macam hewan, Gembira Loka Yogyakarta juga memiliki banyak fasilitas menarik. Salah satunya adalah kios-kios yang berjajar menjual berbagai jenis souvenir, makanan, minuman, hingga mainan anak. Kios-kios tersebut berada di dekat area tempat parkir. Masuk ke dalam kebun binatang, ada juga beberapa kios yang menyediakan makanan serta minuman sehingga kalian tak perlu takut kelaparan ataupun kehausan saat saat tengah mengelilingi kebun binatang. Selain itu, ada juga musholla untuk tempat beribadah, toilet, dan lain sebagainya. Beberapa fasilitas permainan juga disediakan seperti taring (transportasi keliling), ATV, bumper boat, speedboad, perahu katamaran, dll.

Wahana Permainan Gembira Loka Zoo dan Tarifnya

Ada banyak sekali wahana permainan dengan tarif berbeda-beda. Pertama adalah perahu katamaran dengan tarif 10 ribu per orang. Selain itu, ada speed boat dengan tarif 20 ribu per orang. Lalu, ada bumper boat dengan tarif 20 ribu per perahu. Kemudian, ada pula ATV dengan tarif 20 ribu per motor. Skuter air juga tersedia dengan tarif 20 ribu per orang, juga. Selanjutnya, dengan 20 ribu kalian juga bisa menunggangi banana boat ocra.

Perahu kayuh juga menjadi salah satu wahana yang paling menarik di Gembira Loka Zoo. Wahana ini bisa dinaiki dengan tarif 20 ribu per perahu. Jika kalian ingin mencoba terapi ikan, tarifnya juga sama, 20 ribu rupiah. Untuk anak-anak, kolam tangkap menjadi wahana yang sangat menyenangkan. Tarifnya cukup terjangkau, hanya 10 ribu per anak. Ingin menunggangi hewan-hewan besar? Ada onta tungga dan gajah yang masing-masing memiliki tarif 20 ribu rupiah. Ada juga wahana permainan yang gratis, yaitu kolam sentuh, di mana kalian bisa menyentuh ikan dan penyu di dalam kolam. Beberapa wahana permainan lainnya adalah ninebot, zoo express, petting zoo, dan kandang unta tema timur tengah yang tarifnya bisa ditanyakan ke petugas.

Daya Tarik Gembira Loka Zoo

Ada beberapa daya tarik yang menjadi perhatian banyak pengunjung. Salah satu yang paling dinanti-nantikan adalah gelar satwa terampil. Ini adalah daya tarik yang sangat sayang jika kalian lewatkan saat berkunjung ke kebun binatang ini. Kalian bisa melihat berbagai satwa dengan begitu terampilnya memperagakan beberapa atraksi seperti orangutan, beruang madu, julang emas, burung kangkerang, linsang, dan kakatua jambul kuning.

Selain itu, ada juga Bird Park atau Taman Burung di mana kalian bisa lebih dekat bahkan berfoto bersama ratusan burung dari jenis yang berbeda seperti pecuk hitam, cendrawasih, pelican, elang, dll. Satu lagi, kalian juga bisa menyaksikan langsung bagaimana hewan-hewan di kebun binatang ini diberi makan. Hal langka ini bisa kalian saksikan saat feeding time. Setiap hewan memiliki feeding time berbeda-beda seperti harimau jam 12 siang, simpanse jam 10.30 pagi, arapaima jam 11 pagi dan ular jam 11.30 pagi.

Gembira Loka Zoo memang bisa dibilang sebagai salah satu destinasi wisata paling terkenal dan paling menarik yang bisa kalian kunjungi di Yogyakarta. Untuk mendapatkan paket tour wisata ke Gembira Loka atau wisata lainnya, kalian bisa mengunjungi https://www.kartanesia.com.