Objek Wisata di Nusa Lembongan Bali

Nusa Lembongan merupakan pulau kecil di sebelah tenggara Bali dan sering dikunjungi oleh para wisatawan untuk berlibur. Pasalnya, kawasan tersebut dipenuhi oleh berbagai paket wisata bali yang mungkin akan sulit kamu tentukan jika hanya boleh memilih satu.

Bagaimana sejarah Nusa Lembongan? Awal mula terbentuknya pulau ini adalah saat I Renggan, cucu dari Dukuh Jumpangan yang menabrak Nusa Penida menggunakan perahu. Ia mendapat izin dari kakeknya untuk membelah tempat tersebut menjadi dua bagian, yakni Nusa Gede dan Nusa Cenik.

Seiring berjalannya waktu, Nusa Cenik ditabrak oleh perahu yang dendam oleh aksi I Renggan dan juga terpisah menjadi dua bagian. Kawasan selatan dinamai Nusa Ceningan dan Lembongan di sebelah utaranya.

Nusa Lembongan berada di selat Badung dengan jarak sekitar 10 kilometer dari Sanur. Pemilik administratif-nya berada di Kabupaten Klungkung. Kebanyakan masyarakat disana bekerja travel sebagai petani dan profesi yang ada hubungannya dengan sektor wisata.

Pada pulau ini, kamu akan menemukan keindahan alam yang  menjadi daya tarik dan jarang ditemukan pada tempat lain. Beberapa di antaranya adalah pasir putih, tebing, hutan bakau, dan pemandangan bawah laut. Selengkapnya, ada pada 6 daftar di bawah ini.

Sebagai informasi tambahan, harga tiket masuk Nusa Lembongan terbaru tergantung kebijakan masing-masing tempat wisata. Namun, kebanyakan dapat dikunjungi secara gratis.

6 Objek Wisata di Nusa Lembongan Bali yang Populer

Jembatan Kuning (Yellow Bridge)

Jembatan ini diresmikan pada tahun 2016 dan menjadi lokasi foto paling populer yang ada di Nusa Lembongan. Kamu akan dimanjakan dengan latar belakang laut biru dan pepohonan yang indah. Jadi, momennya sangat cocok untuk dibagikan ke media sosial.

Jika berangkat dari Sanur, kamu bisa menyewa sepeda motor dengan tarif sekitar Rp75.000 sampai Rp100.000 per hari. Guna lebih efektif dan efisien, kamu menggunakan jasa sewa mobil bali untuk berkeliling Nusa Lembongan. Jembatan Kuning ini buka selama 24 jam dan tidak dikenakan biaya bagi kamu yang ingin menikmatinya.

Devil’s Tear

Devil’s Tear banyak dikunjungi oleh para wisatawan muda. Pasalnya, di sana menyajikan pemandangan alam yang dianggap cukup ekstrim, yakni tebing-tebing tinggi dengan kedalaman yang sangat terjal.

Kemudian, diterjang oleh ombak hingga membuat air laut menyembur hingga ke atas. Bagi kamu yang takut akan ketinggian, tidak disarankan untuk berkunjung ke  kawasan ini.

Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat pelangi dengan waktu terbaik saat menjelang matahari terbenam. Fenomena alam  tersebut dapat menghasilkan foto yang sangat indah karena perpaduan latar belakang semburan air dan sunset yang indah.

Devil’s Tear ini buka dengan waktu yang tidak ditentukan dan bebas biaya masuk serta parkir.

Dream Beach

Jika kamu mencari pantai pasir putih dan kondisi lingkungan yang bersih, Dream Beach bisa dijadikan alternatif. Ombak di sana tidak terlalu kencang sehingga masih nyaman untuk berenang secara cuma-cuma. Kemudian, di atasnya terdapat restoran yang bisa kamu kunjungi usai bermain di laut.

Pantai Jungut Batu

Kamu tidak bisa berenang pada Pantai Jungut Batu karena banyaknya populasi batu karang. Namun, kamu bisa menikmati keindahan laut dan matahari terbenam dengan duduk santai ditemani berbagai minuman yang dijual di sana. Pantai ini juga memiliki bentangan pasir terpanjang dari yang ada di Bali.

Untuk menikmati keindahan pantai ini, kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk. Siapkan saja pengeluaran untuk makan dan minum.

Mushroom Bay

Nama asli dari Mushroom Bay adalah Pantai Tanjung Sanghyang yang memiliki perairan dengan gradasi warna hijau dan biru. Kamu bisa berenang sekaligus snorkeling di sana. Lalu, ada berbagai perahu yang berlabuh serta restoran di sepanjang tepi pantai.

Mangrove Forest

Sesuai namanya, hutan ini menawarkan pemandangan yang dipenuhi oleh pohon mangrove. Selain itu, ada Gunung Agung Bali yang juga bisa kamu nikmati keindahannya dari sana. Begitu sampai, kamu akan ditawari tur mangrove yang dibanderol dengan harga Rp100.000 per dua orang dengan waktu maksimal 25 menit.

Untuk menuju Nusa Lembongan dan menikmati semua objek wisata bali yang disebutkan di atas, kamu bisa menggunakan berbagai kapal laut yang berangkat dari Bali. Tarifnya tergantung agen atau biro mana yang kamu pilih. Kira-kira, tiket perahu nusa lembongan terbaru ini dibanderol mulai dari Rp75.000 per satu orang.

Jika ingin lebih hemat dan tidak repot, kamu dapat memilih paket liburan bali yang banyak ditawarkan di internet.

Jika membawa rombongan dan mayoritas berisiko mengalami mabuk laut, kamu bisa menggunakan jasa sewa bus pariwisata bali. Cari yang tarifnya tidak terlalu mahal, termasuk saat sudah dibagi oleh banyak orang.

Nah, setelah membaca informasi singkat mengenai Nusa Lembongan di atas, apakah kawasan tersebut masuk ke dalam daftar kunjunganmu saat berlibur ke Bali?