Tips Make Up yang Benar untuk Pemula

Semua orang mungkin bisa make up, tapi tidak semua orang mengetahui urutan make up yang benar. Urutan make up yang salah tidak hanya bisa menyebabkan tidak maksimalnya penampilan kamu, namun juga bisa menyebabkan masalah ke kulit. Oleh karena itu, sebagai pemula sangat penting untuk memahami langkah-langkah dasar make up yang benar.

10 Tips Make Up yang Wajib Diketahui Pemula

1.     Wajah Harus Bersih Terlebih Dahulu

Tahap pembersihan wajah merupakan tahap paling penting dalam setiap urutan make up yang benar. Pasalnya menggunakan make up saat wajah masih dalam keadaan kotor justru dapat menyebabkan timbulnya masalah kulit seperti jerawat. Pembersihan wajah bisa menggunakan sabun pencuci wajah ataupun milk cleanser dan jangan lupa ditambahkan toner.

Lihat juga Rekomendasi Tas Anak Kuliahan

Baik kamu menggunakan sabun pencuci wajah ataupun milk cleanser, jangan lupa menggunakan toner. Pasalnya toner memiliki manfaat untuk mengembalikan pH kulit serta membersihkan kulit hingga ke pori-pori terdalam.

2.     Gunakan Pelembab

Setelah kulitmu bersih dan sudah menggunakan toner maka tahap selanjutnya yang tidak boleh dilupakan adalah menggunakan pelembab pada kulit wajah. Pelembab memiliki manfaat untuk mempersiapkan kulit sebelum diaplikasikan make up di atasnya. Pilihlah pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit, misalnya pilih pelembab bebas minyak untuk jenis kulit yang berminyak.

Pada tahapan ini jika kulitmu membutuhkan serum maka segera aplikasikan serum setelah menggunakan pelembab. Gunakan juga eye cream untuk menjaga kesehatan kulit di area mata.

3.     Aplikasikan Concealer

Concealer atau corrector merupakan peralatan make up yang diaplikasikan setelah menggunakan pelembab. Fungsi concealer atau corrector adalah untuk menutupi bagian bagian-bagian tertentu pada wajah yang dianggap merupakan kekurangan atau yang akan membuat penampilan kurang maksimal. Pada umumnya concealer digunakan untuk membuat bagian bawah mata yang gelap menjadi cerah.

Tips menggunakan concealer di bagian bawah mata adalah mengaplikasikan corrector terlebih dahulu dengan warna yang sesuai dengan kulit kamu. Tujuannya adalah agar bagian bawah mata menjadi cerah setelah diberikan concealer dan tidak berubah menjadi keabu-abuan.

4.     Meratakan Kulit Wajah dengan BB Cream

Di pasaran sebenarnya terdapat dua pilihan produk make up yang memiliki fungsi untuk meratakan tampilan kulit wajah yaitu BB cream dan foundation. Keduanya memiliki manfaat yang hampir sama namun dengan tingkat “kekuatan” yang berbeda. Foundation lebih umum digunakan untuk make up berat dan lebih tahan lama seperti make up untuk menghadiri acara wisuda dan sebagainya.

Sementara BB cream lebih umum digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Pasalnya BB cream memiliki sifat lebih ringan dan cocok untuk mendukung tampilan casual.

5.     Tambahkan Bedak

Setelah BB cream atau foundation diratakan di seluruh bagian wajah, maka tahap selanjutnya yang tidak boleh kamu lupakan adalah mengaplikasikan bedak. Ada dua pilihan bedak yang umum tersedia di pasaran yaitu bedak tabur dan bedak padat. Pemilihan jenis bedak biasanya dipengaruhi oleh kondisi kulit.

Bedak tabur memiliki sifat menahan minyak di wajah sehingga lebih umum dipilih oleh orang dengan kulit berminyak. Sementara bedak padat dapat memberikan hasil yang lebih memuaskan meski hanya diberi sedikit sapuan saja di wajah. Orang dengan kulit normal atau kering bisa memilih menggunakan bedak padat.

6.     Hindari Tampilan Pucat dengan Menggunakan Blush On

Setelah seluruh area kulit wajah diaplikasikan bedak dan BB cream, maka tampilan wajah umumnya akan tampak lebih pucat. Oleh karena itu blush on memiliki manfaat untuk memberikan warna pada bagian pipi. Gunakan powder blush on dengan warna yang cocok dengan warna kulit. Agar pemilihan warna blush on sesuai dengan kulit maka kamu harus membiasakan diri bereksperimen dengan warna.

Pemilihan warna blush on juga disesuaikan dengan penampilan yang ingin kamu bawakan. Misalnya untuk penampilan alami kamu bisa memilih blush on dengan warna warna kalem atau nude.

7.     Gambar Alis sesuai Keinginan

Jika kamu belum terbiasa menggambar alis maka kamu sebenarnya cukup menebalkan alis yang ada agar tampak lebih rata dan menarik saja. Namun jika kamu ingin bereksperimen dengan alis, apakah kamu bisa mencoba menggambar alis yang sesuai dengan bentuk dari wajah. Banyak orang memilih bentuk alis dengan bagian luar yang lebih tipis serta bagian dalam yang tebal.

Agar tidak salah menggambar alis, sebaiknya buatlah bingkai alis terlebih dahulu. Kemudian berikan warna pada alis sesuai dengan warna kulitmu.

8.     Buat Mata Lebih Menawan dengan Eyeshadow

Mata adalah salah satu bagian terpenting dari wajah yang bisa membuat penampilanmu lebih standout dan menawan. Setelah memberi gambar alis agar alis tampak menarik, maka selanjutnya kamu bisa mengaplikasikan eyeshadow pada kelopak mata. Pilihlah warna-warna nude alias kalem jika kamu ingin berpenampilan alami dan santai.

9.     Tambahkan Eyeliner dan Maskara

Hiasan mata berikutnya yang tidak boleh dilupakan adalah eyeliner dan juga maskara. Eyeliner akan membuat matamu tampak lebih tajam sementara maskara akan mempertebal bulu matamu.

10.  Selesaikan dengan Lipstik

Langkah terakhir adalah gunakan lipstik pada bibir agar tidak tampak pucat. Ada banyak pilihan warna lipstik yang tersedia yang bisa kamu gunakan sesuai dengan penampilanmu. Lebih baik aplikasikan pelembab bibir atau lip balm terlebih dulu agar bibir tidak kering setelah menggunakan lipstik.

Lihat juga Rekomendasi Sweater Wanita Keren

Memahami setiap langkah make up di atas sangat penting untuk memastikan penampilanmu lebih maksimal. Untuk pemula kamu disarankan menggunakan warna-warna natural terlebih dahulu agar kamu terbiasa dengan produk make up yang ada.